Tulis/ Gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/ stakeholder
Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar
Jawaban
Aplikasi parkir dengan sistem transaksi non tunai yang dikembangkan oleh Liquid Parking Technology merupakan sistem parkir yang tidak melibatkan penjaga untuk menerima pembayaran dan transaksi pembayaran parkir yang biasanya dilakukan secara tunai digantikan dengan dua alternatif lain yaitu dengan menggunakan kartu tol berbasis NFC (E-money, TapCash, Flazz, Brizzi) atau dengan QRIS yang selanjutnya discan untuk melakukan pembayaran melalui e-wallet seperti ShopeePay, GoPay, atau OVO.
Alur proses dari sistem parkir non tunai sendiri dimulai dengan pengguna memasuki gerbang parkir dan menekan tombol untuk mengambil karcis parkir. Ketika ingin keluar dari area parkir, pengguna menempelkan karcis parkir untuk menerima tagihan parkir kemudian memilih salah satu dari sistem pembayaran non tunai yang telah dijelaskan sebelumnya untuk menyelesaikan transaksi.
User dan Stakeholder :
User : Pengguna Parkir, Admin
Stakeholder : Pengelola Parkir, Payment Provider
Kebutuhan User dan Stakeholder :
Pengguna Parkir :
Memasuki area parkir
Mendapatkan karcis parkir
Mendapatkan jaminan keamanan parkir
Melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat
Admin :
Mengelola sistem transaksi non tunai
Mengelola data pengguna parkir
Pengelola Parkir :
Mendapatkan laporan penghasilan parkir
Mendapatkan laporan data pengguna parkir
Payment Provider :
Memastikan sistem transaksi non tunai berjalan dengan baik
Menyediakan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan dua jenis transaksi
Aspek penting lainnya supaya aplikasi berjalan lancar :
Comments
Post a Comment